Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional

  • Whatsapp

Percayalah, tidak ada cara menjadi blogger sukses yang instan. Semua harus dilakukan bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik. Kamu juga bisa baca berita menarik lainnya hanya di https://majalahtren.com.

Berikut ini adalah berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan ketika membangun blog pertama Anda:

1. Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan pembuatan blog merupakan cara menjadi blogger pemula yang baik. Inilah langkah awal yang tidak boleh begitu saja Anda lewatkan.

Dengan memiliki tujuan, Anda jadi tahu bagaimana blog tersebut akan dibangun. Dan, ke arah mana blog tersebut nantinya akan dikembangkan. Hal ini penting karena blog bukanlah kegiatan yang dalam satu-dua hari akan menunjukkan hasil. Perlu upaya terus menerus untuk membuatnya besar. 

Apa saja tujuan dari kegiatan blogging? Untuk mengembangkan kemampuan menulis, berbagi informasi dengan orang lain, dan mendapatkan penghasilan secara online. 

Apapun tujuan Anda, tuliskanlah di awal membangun blog. 

2. Tentukan Topik

Banyak sekali topik blog yang bisa Anda pilih. Namun, bukan berarti Anda bisa membahas semua topik dan membuat blog gado-gado atau campuran, ya?

Anda cukup memilih salah satu pokok bahasan sebagai topik. Lalu, mengembangkan topik tersebut untuk jangka panjang. Pilihlah topik blog yang sesuai dengan minat dan keahlian. Dengan demikian, tidak ada kata bosan ketika mengelola blog atau kehabisan ide saat akan menulis konten.

Selain itu, pilihlah topik yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Hal ini biasanya Anda ketahui dari banyaknya pencarian yang dilakukan di mesin pencari. 

Topik yang kami maksudkan disini bukan hanya tentang teknologi, kuliner, fashion dan lain-lain. Namun, topik tersebut bisa berupa bahasan yang lebih spesifik, seperti review buku, rekomendasi film, hingga berbagai tips produktivitas.

3. Pilih Platform Blog

Memilih platform blog merupakan hal penting dari cara menjadi blogger sukses. Sebab, kesalahan memilih platform akan menghambat perkembangan blog Anda. 

Saat ini terdapat banyak pilihan platform yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan skill Anda. Bagi pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik. WordPress adalah salah satu CMS yang bisa Anda gunakan. Platform ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali. 

Tidak hanya itu, WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blog Anda untuk bisa tampil di halaman utama Google dengan lebih mudah.

Cara Menjadi Blogger Sukses

Setidaknya ada sembilan cara menjadi blogger sukses yang perlu Anda ketahui. Lakukan semua cara ini, tapi mulailah dari yang Anda anggap paling mudah dulu.

Tingkatkan Skill Menulis

Artikel adalah produk utama dari blog Anda. Jika Anda memiliki keahlian menulis yang baik, artikel yang Anda buat pun akan berkualitas. 

Sayang kan kalau Anda memiliki topik blog yang unik dan informasi yang bermanfaat tapi tidak mampu menyampaikannya dengan baik?

Perlu diingat bahwa skill menulis harus selalu diasah. Jadi, cara ini berlaku untuk Anda yang baru saja membuat blog maupun yang ingin meningkatkan performa blognya.

Atur Waktu dengan Baik

Cara ini sebenarnya bukan eksklusif untuk blogger saja. Namun, banyak sekali blogger yang gagal mencapai hasil yang diharapkan karena kesalahan dalam time management. Anda mungkin bertanya: “Kapan waktu terbaik untuk ngeblog?”

Pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting.  Jadi, Anda bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah optimasi blog. 

Related posts