Melihat Perkembangan teknologi informasi dan industri 4.0 yang sangat pesat semua serba online dengan Terobosan pertama pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan via ATM Bank Jabar , dimulai dari dan mungkin akan melebar ke sejumlah bank lain yang ada di Jawa Barat. Hingga yang terbaru bisa via SMS, website Dinas Pendapatan Daerah, dan aplikasi Sambara.

Aplikasi ini menawarkan solusi kemudahan pembayaran pajak kendaraan yang nanti akan dikembangkan lewat program Samsat Jebret bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),”  sebagai intansi jasa yang mengelolah keuangan ,kini kita tidak usah repot –repot  datang langsung ke lokasi (samsat)  cukup dengan aplikasi di android anda,  bisa langsung cek pajak kendaraan Anda, banyak konten dan fitur fitur di dalamnya ,mulai dari kendaraan,jumlah pajak yang di bayar, tahun keluaran kendaran ,pemilik kendaran ,jenis mobil dari mobil klasik seperti, toyota, honda, corolla dan lain sebagainya

Untuk Anda yang memiliki kendaraan pribadi sangat mudah bgaimana cara mengetahui informasi kewajiban pajak kendaraannya secara online dan juga bisa mencari data informasi pajak kendaraan memlaui aplikasi.

 Mulai tahun 2019 pemerintah Jawa Barat melakukan terobosan membayar pajak bisa lewat ATM atau Bank Jabar dan jika ingin  cetak sendiri maka akan muncul hasil cetakan  berupa E-SKPP (Elektronik Surat Keterangan Ketetapan Pembayaran), yang di sisinya  ada QR-Code,” menurut Kepala Dinas Pendapatan Daerah Jawa Barat Hening Widyatmoko hasil cetak mandiri tanda bukti pelunasan pajak kendaraan statusnya berupa E-SKPP. Tanda bukti itu  masih wajib melalui tahap pengesahan supaya statusnya berubah menjadi dokumen SKPP, atau tanda bukti pelunasan pembayaran pajak kendaraan yang sah.

Bagi Penggunaan aplikasi Sambara untuk membayar pajak kendaraan.untuk Pemilik kendaraan tinggal input nomor polisi kendaraannya, NIK atau NPWP, serta 5 digit terakhir nomor rangka yang bisa dilihat di STNK. Aplikasi tersebut nanti akan menampilkan nominal total rincian pembayaran pajak kendaraan, batas waktu pembayaran, dan kode bayar. Nanti Kode bayar itu yang digunakan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan

Bagi yang belum paham Bagaimana cara menggunakan fasilitas online ini untuk cek pajak kendaraan bermotor dan mobil anda. Beberapa penjelasan tentang mengecek pajak melalui layanan aplikasi Android.

3 Langkah-Langkah Cara Cek Pajak dengan Aplikasi ‘SAMBARA”  di Smartphone Android:

Langka 1

Download dulu aplikasi playstore untuk  Cek Pajak Kendaraan di Android bernama “SAMBARA” khusus daerah propinsi jawa barat,

Langka ke 2

Buka  aplikasi smartphone  yang sudah kamu sudah download dan install di Android, lanjutkan dengan Tekan ikon logo gambar  “SAMBARA”.

Langka ke 3

Pilih menu info PKB dan masukan  plat motor kendaraan kamu contoh “E 2435 BK’’lalu akan muncul informasi  kendaraan diantaranya merk, model, tahun warna, nomor rangka dan nomor mesin  pajak yang harus di bayar.

Namun ada juga fitur di Sambara mulai dari jadwal samsat keliling. Jika ingin mengetahui informasi tentang SAMLING(Samsat Keliling) seluruh kabupaten dan kota di Jawa barat ada pula keunggulan lain penguna aplikasi tersebut.yaitu pelayan samsat seluruh daerah sejawa barat .Cukup mudah bukan untuk cara mengecek aplikasi  di “Sambara”.

Meskipun demikian semua kemudahan ini hanya ditujukan untuk membayar pajak tahunan saja . Sementara untuk pembayaran pajak kendaraan yang 5 tahunan wajib dilakukan manual karena berkewajiban mengisi registrasi dan identifikasi kendaraan yang dilakukan pihak aparat kepolisian.