Salah satu barang mewah yang cukup sering dibeli sebagai perhiasan maupun investasi ialah emas. terdapat dua macam emas yakni emas kuning dan emas putih. Perbedaan kedua emas ini tentunya pada warna dari emas tersebut. Selain itu, harga emas putih memang sedikit lebih murah dibandingkan dengan emas kuning.

Saat harga emas dikabarkan turun, banyak orang yang langsung berburu untuk membeli emas untuk investasi. Memang, salah satu alat investasi yang difavoritkan banyak orang ialah emas. Emas sendiri terdapat dari 3 jenis yakni emas bayangan, perhiasan dan emas putih.

Sebelum membeli emas terdapat berbagai hal yang harus anda perhatikan. Sebagai alat investasi, tentu emas menjadi salah satu alat untuk berjaga jaga disaat kondisi dalam keadaan yang sulit. Berikut ini ialah tips untuk membeli emas yang harus anda perhatikan:

  • Tujuan Membeli Emas

Sebelum anda membeli emas, anda harus mengetahui apa tujuan membeli emas. Apakah tujuan anda ialah untuk melakukan investasi? Jika iya, maka anda bisa memilih untuk membeli emas batangan maupun koin. Hal ini dikarenakan nilai intrinsiknya yang relatif lebih besar. Jika anda memilih emas sebagai tabungan, maka anda bisa memilih emas dengan kadar yang lebih tinggi. Harga emas putih yang masih terjaga dengan baik warna maupun strukturnya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

  • Cek Harga Emas

Emas adalah barang yang mewah, tentunya anda juga harus melakukan berbagai riset sebelum membeli emas. Salah satunya ialah dengan mengecek harga emas putih dipasaran. Anda bisa mengecek harga emas terbaru melalaui berbagai website yang terbercaya. Bahkan dengan mengecek di PT Antam, harga emas diumumkan dua kali dalam sehari. Harga yang ada di PT Antam ini menjadi patokan harga emas secara nasional.

  • Dimana anda akan membeli emas

Selanjutnya anda juga harus memperhatikan tempat dimana anda akan membeli emas. Pastikan bahwa anda akan membeli emas kamu harus mengetahui tempat tersebut adalah aman dan terpercaya. Jika anda membeli emas ditempat yang abal abal dan tidak terpercaya, anda bisa saja merugi. Pastikan juga kondisi barang dan harga yang ditawarkan oleh toko emas tersebut.

  • Cek keadaan fisik

Saat anda hendak membeli emas, anda memang harus sangat teliti terutama mengenai kondisi emas yang hendak anda beli. Pastikan bahwa emas yang anda beli tida memiliki noda dan bercak bercak. Banyak toko yang menganggap noda dan bercak pada emass adalah hal yang biasa, namun ternyata tidak. Emas yang belum dicuci dengan benar akan menyebabka berbagai noda dan sisa sisa kotoran seperti bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi. Jika anda membeli emas pastikan bahwa emas anda dalam kondisi yang baik dan tidak cacat.

  • Tanyakan mengenai kadar emas

Kadar emas dalam setiap perhiasan tentu berbeda beda. Emas 24 karat mengandung 99.99 % emas murni. Lalu semakin kecil karat yang dimiliki oleh pergiasan tersebut, maka kadar emas yang ada akan semakin merendah. Di Indonesia sendiri kadar emas yang standar ialah emas 24 karat dengan kandungan 90 % emas murni.

  • Simpan surat berharga

Jika kamu ingin menyimpan perhiasan sebagai investassi maupun tabungan, kamu harus memastikan bahwa kamu menyimpan semua surat berharga emas tersebut. Sehingga kamu bisa menjual emas kamu dengan lebih mudah.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu perhatikan sebelum membeli emas putih sebagai investasi.