MPASI – Saat bayi sudah mulai menginjak usia 6 bulan, maka sudah waktunya memberi mereka mpasi (Makanan Pendamping Asi). Oleh sebab itu kita sebagi orang tua muali berpikir tentang menu mpasi yang akan kita berikan kepada bayi kita. Bagi Anda yang sedang merasa kebingungan mau masak apa untuk si kecil, mari simak sebuah ide menu mpasi-nya di sini dan sekaligus juga panduan komplit mengenai bagaimana cara memberikan makanan padat pertama pada si buah hati.

Memberikan MPASI Pada Bayi Harus Bertahap

Cara yang paling tepat untuk anda yang akan memberikan mpasi pada si kecil haruslah secara bertahap. Dan kita bisa memberikan mpasi ke pada bayi sejak bayi mulai menginjak usia 6 bulan. Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pada usia 6 bulan biasanya si kecil sudah mulai bisa memiliki kemampuan koordinasi gerak mata dan juga tangan yang sudah matang. Pada usia 6 bulan bayi juga sudah mulai bisa menegakkan kepala mereka dan juga leher untuk makan.

Pemberian mpasi yang tepat merupakan hal yang sangat penting, karena bisa mempengaruhi kesehatan si kecil. Pemberian mpasi pada usia bayi masih 6 bulan bisa kita katakan berhasil bila mana bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu bayi juga sudah memiliki kemampuan menelan dengan baik, dan juga sudah memiliki kempunan mencacah makanan. Karena sudah memiliki sistem pencernaan yang sangat baik.

Pemilihan Menu MPASI Pada Bayi Usia 6 Bulan

Pada saat anak anda sudah mulai menginjak usia 6 bulan maka anda tidak usah bingung untuk menentukan menu mpasi pada anak anda. Karena ada bayak sekali menu mpasi yang bisa anda buat. Berikut adalah contoh menu mpasi yang bisa anda manfaatkan untuk si kecil.

Menu Sarapan

Biasanya menu sarapan pada bayi lebih sederhana bisa kita bandingkan dengan menu makan siang. Berikut adalah beberapa menu sarapan pada bayi yang bisa anda manfaatkan.

Pure Pepaya dan Pure Pisang, penyajiannya juga sangatlah mudah, pertama anda cuci bersih buah yang akan anda pilih. Selanjutnya anda tinggal mengupas kulit buah tersebut dan tubruk halus pada mangkuk dengan menggunakan sendok.

Pure Tomat, kedua kita bisa memanfaatkan tomat untuk di jadikan menu sarapan untuk si kecil. Caranya anda cuci bersih tomat tersebut selanjutnya rendam pada air yang mendidih. Kupas kulit tomat dan kemudian anda tinggal menyaring sari dari tomat tersebut.

Menu Makan Siang

Untuk pembuatan mpasi bayi yang masih berusia 6 bulan kita bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih menyanggah bila kita gunakan untuk makan siang. Seperti halnya tepung beras, nasi dan susu. Berikut adalah beberapa contoh menu makan siang untuk bayi umur 6 bulan.

Bubur Susu, cara membuatnya kita bisa menggunakan tepung beras dengan ukuran 1 sampai 2 sendok makan. Gula pasir 1 sendok makan, susu formula sebanyak 5 sendok makan dan sudah diencerkan menggunakan air sebanyak 200 cc. aduk sampai merata bahan-bahan tersebut sampai semua tercampur dengan sempurna.

Buah Jeruk, anda bisa juga menggunakan buah jeruk untuk di jadikan menu makan siang untuk si kecil.

Menu Makan Malam

Untuk menu makan malam untuk si kecil anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang kaya akan rasa untuk di jadikan sebuah mpasi untuk anak usia 6 bulan. Berikut adalah menu yang bisa anda jadikan sebagai makan malam untuk anak anda yang masih berusia 6 bulan.

Nasi Tim Campur, anda bisa membuat bubur encer dari beras putih untuk di jadikan menu makan malam untuk anak anda. Tambahkan sayur seperti sawi rebus dan juga garam surian ayam.

Nasi Tim Campur Brokoli, anda juga bisa memanfaatkan brokoli untuk di jadikan sebuah mpasi menu makan malam untuk bayi anda.