Lolos masuk perguruan tinggi yang diimpikan tentu sangat membahagiakan. Namun, apa jadinya jika momen bahagia ini harus dibayangi ketakutan karena sulitnya mencari hunian selama berkuliah. Bagi kamu yang masukĀ  universitas di Ibu Kota tentu semakin bingung lagi. Mengingat harga hunian di Ibu Kota tidak jauh-jauh dari kata mahal.

Ada beberapa metode hunian yang bisa kamu pilih selama tinggal di Ibu Kota seperti kamar kos ataupun sewa apartemen. Sewa apartemen sendiri menawarkan lebih banyak keuntungan. Lantas, tipe apartemen seperti apakah yang cocok disewa oleh mahasiswa? Simak ulasannya berikut ini:

YukStay

Tipe Apartemen untuk Mahasiswa

  1. Studio

Tipe apartemen satu ini cocok untuk yang tinggal sendirian di apartemen. Tipe studio sendiri bisa dibilang adalah tipe apartemen yang tentu paling sering kamu dengar. Tipe studio umumnya memiliki luas unit yang tidak lebih dari 18 sampai 20 meter persegi. Satu unit apartemen tipe studio sudah mencakup tempat tidur serta kamar mandi. Umumnya, apartemen tipe studio berbentuk seperti kamar hotel sederhana.

  1. Alcove

Tipe apartemen Alvcove juga cocok untuk dipilih mahasiswa. Luas unit apartemen Alcove hampir sama seperti studio yaitu 19 meter persegi. Perbedaannya adalah bentuk apartemen Alcove berbentuk huruf L dengan bagian kecil atau half room digunakan sebagai kamar tidur.

  1. Junior 1 Bedroom

Ingin memiliki apartemen yang lebih privasi dengan adanya sekat? Kamu bisa memilih tipe apartemen Junior 1 bedroom. Tipe apartemen ini adalah tipe apartemen yang terdiri dari satu kamar tidur, dapur serta kamar mandi. Perbedaannya adalah tipe junior 1 bedroom terdapat sekat antara kamar tidur dan dapurnya sehingga ketika ada tamu, tamu tidak akan bisa melihat langsung kondisi kamar tidurmu.

  1. Two Bedroom

Unit apartemen two bedroom terdiri dari dua kamar tidur. Tipe apartemen ini cocok untuk kamu yang memilih model hunian co-living atau sharing apartemen. Kamu dan temanmu bisa tinggal di satu unit apartemen dan berbagi kamar mandi, ruang tamu dan dapur bersama

  1. Duplex dan Triplex

Satu lagi tipe apartemen yang cocok dipilih untuk kamu yang ingin tinggal beramai-ramai bersama teman kuliah. Tipe apartemen duplex dan triplex sekilas mirip seperti rumah tempat tinggal bertingkat. Ya, karena apartemen ini memang memiliki bentuk yang bertingkat. Tipe apartemen ini lebih menjaga privasi karena tamu yang datang berkunjung tidak bisa mengakses langsung kamar yang didesain berada di lantai kedua dan ketiga. Sementara lantai pertama untuk ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Model Hunian yang Bisa Dipilih

  1. Co-living atau Sharing Apartemen

Ingin lebih ekonomis? Kamu bisa memilih model hunian co-living. Model hunian sharing apartemen atau co-living sendiri kini menjadi tren bagi kaum urban yang tinggal di kota padat penduduk seperti Jakarta. Memilih model hunian co-living, kamu bisa tinggal bersama temanmu sembari menghemat pengeluaran untuk sewa apartemen.

  1. Whole Unit

Model hunian cocok untuk kamu yang ingin privasi selama tinggal di apartemen. Model whole unit artinya kamu menyewa satu unit apartemen penuh. Untuk kamu yang mahasiswa, kami sarankan untuk memilih tipe apartemen studio ataupun Alcove jika ingin lebih hemat. Dengan menyewa apartemen studio ataupun Alcove, kamu tetap memperoleh privasi namun dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Untuk mencari hunian, kamu bisa menggunakan jasa www.yukstay.com yang merupakan platform sewa apartemen serta kos bulanan. Kamu bisa menemukan berbagai hunian di ibukota dengan mudah tanpa harus survey panas-panasan.