Tips Memilih Bank untuk KPR 2020

  • Whatsapp
kredit kpr bri

Berbicara mengenai KPR, mungkin sebagian besar dari masyarakat Indonesia sudah tahu apa itu kegunaannya. KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan sebuah program pembiayaan dari Bank dengan jumlah transaksi besar dan rumit yang dapat diambil oleh masyarakat untuk membeli rumah.

Nah, jika Anda sedang ingin mencari Bank mana yang baik untuk KPR, yuk simak saja ulasan tentang promo BRI untuk kredit KPR di 2020 berikut ini!

Tips Memilih KPR yang Baik

Menurut berbagai sumber, hampir sekitar 70% masyarakat Indonesia membeli hunian dengan sistem KPR. Maka tidak heran, produk ini menjadi salah satu produk andalan banyak Bank di tanah air dengan promosi yang gencar. Selain memang kebutuhan akan rumah sangat besar, margin produk satu ini juga cukup tebal. Itulah mengapa KPR menjadi produk yang pertumbuhannya sangat cepat.

Lantaran semakin banyaknya iklan KPR yang beredar, maka konsumen dibuat bimbang. Kebanyakan berpikir manakah KPR yang terbaik untuk dipilih. Nah daripada pusing, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih KPR yang baik, yaitu :

  1. Bandingkan Angsuran KPR

Langkah pertama untuk memilih KPR adalah dengan membandingkan angsuran antara satu Bank dengan Bank lainnya. Tentunya selaku konsumen, Anda pasti ingin memilih cicilan yang paling rendah. Selain dari informasi di website, Anda juga bisa langsung bertanya ke Customer Service dari Bank yang Anda tuju.

  1. Buat Perhitungan

Jika Anda sudah bertanya, maka selanjutnya Anda bisa membuat perhitungan. Tidak perlu terlalu rinci, cukup kisaran saja. Perhitungkan antara jumlah pinjaman yang ingin Anda pilih di KPR, kemudian jangka waktu, dan akhirnya angsuran yang harus dibayar. Dari ketiga hal tersebut, nantinya Anda sudah bisa menemukan mana yang sekiranya pas dengan kebutuhan Anda.

  1. Tingkat Besar Suku Bunga

Langkah selanjutnya adalah Anda memilih jumlah angsuran yang sudah ditentukan berdasar besaran suku bunga. Seperti yang Anda ketahui, suku bunga ada dua yaitu flat dan floating. Jika Anda mendapat suku bunga flat, maka angsuran selama sisa masa pembayaran tidak akan berubah. Tapi jika Anda mendapat floating, maka cicilan bisa saja naik atau turun mengikuti besar bunga di pasar.

  1. Biaya KPR

Jika Anda sudah menentukan jumlah angsuran dan sebagainya, maka Anda juga harus tahu tentang biaya KPR yang akan dikeluarkan. Jangan kira Anda tidak akan dibebankan biaya ini. Maka dari itu, ketahui lebih dalam dengan bertanya sebelum benar-benar melakukan perjanjian materai. Adapun biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya penilaian, notaris, PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasaran, hingga asuransi jiwa.

  1. Persyaratan dan Dokumen

Setelah Anda yakin, maka selanjutnya Anda bisa melengkapi persyaratan dan dokumen untuk pengajuan KPR. Adapun biasanya yang harus diberikan adalah uang muka sejumlah 30% dari harga jual beli rumah, dokumen sumber pembiayaan, dan kepemilikan properti.

Kenapa Harus Pilih Kredit KPR BRI?

Bagi Anda yang membutuhkan KPR untuk rumah, apartemen, atau ruko namun masih bingung melabuhkan pilihan di Bank apa, maka tidak usah khawatir. Pilih saja Bank BRI. Pasalnya, promo kredit KPR BRI 2020 saat ini memiliki banyak keunggulan, yakni proses cepat, jangka waktu yang lama, dan biaya yang ringan. Selain itu, suku bunga juga kompetitif dengan DP mulai dari 10% saja (untuk developer tertentu).

Persyaratannya pun mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir aplikasi pengajuan, membuka rekening BRItama, dan berusia sekurang-kurangnya 21 tahun dengan status sebagai WNI yang cakap hukum. Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka Anda bisa menuju BRI KC yang sama dengan lokasi Anda tinggal dan menyerahkan berbagai dokumen kredit seperti fotokopi KTP, NPWP, KK, hingga slip gaji dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai promo kredit KPR BRI 2020. Semoga bermanfaat.

Related posts