Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang baru merasa bahwa selama ini kamu salah jurusan. Justru kamu perlu bersyukur, bisa menyadari bahwa kamu salah jurusan sekarang, sehingga di kuliah nanti bisa lebih tepat memilih jalan yang sesuai dengan minat dan potensi kamu. Nah, biasanya salah jurusan itu dialami oleh anak IPA. Aku sendiri dulu anak IPA, dan sekarang kuliah di jurusan sosial.

Tantangan yang harus kamu hadapi untuk menghadapi SBMPTN lintas jurusan adalah kamu harus menguasai banyak materi yang sebelumnya belum pernah dapatkan. Soal SBMPTN soshum berisikan mata pelajaran sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi. Memang sepertinya berat, tapi ternyata tidak juga. Yang perlu kamu siapkan adalah strategi belajar yang tepat. Disini aku akan memberikan beberapa tips untuk anak IPA yang akan menghadapi soal SBMPTN soshum. Ini dia tipsnya:

  1. Jangan Banyak Hapalan, Perbanyak Paham konsep

Ini yang menjadi masalah utama anak-anak yang akan belajar soshum, mereka sudah takut duluan untuk menghapal. Hapalan akan sulit dilakukan kalau kamu tidak paham konsep dasar dari suatu materi. Seperti halnya belajar matematika, kamu akan sulit menggunakan suatu rumus pada model soal yang berbeda-beda bila hanya menghapal rumus saja. Jadi, jangan terburu-buru untuk latihan soal, pahami dulu konsep dasarnya, baru perdalam dengan latihan soal.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Karena SBMPTN itu mengerjakan soal, artinya semakin banyak kamu berlatih semakin bagus. Paling tidak dalam sehari minimal kamu latihan 10 soal SBMPTN soshum di setiap materi. Dengan jangka waktu yang tidak begitu lama, cara itu sangat efektif untuk bisa mencakup semua materi soshum.

  1. Pakai Strategi dalam Menjawab

Sebagaimana SBMPTN pada umumnya, kamu harus menjawab soal dengan benar untuk mendapatkan poin, atau paling tidak kamu mengosongi jawaban bila benar-benar tidak yakin bahwa kamu akan benar mengerjakannya. Strategi yang paling penting adalah kamu harus punya titik aman dalam mengerjakan soal. Petakan materi-materi yang sangat kamu kuasai, lalu buatlah simulasi apakah jangkauan materi yang sudah kamu kuasai sudah cukup.

  1. Semua Punya Kesempatan yang Sama

Ini yang paling penting perlu kamu tanamkan, bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Seberapa keras kamu belajar akan menentukan hasil kamu nanti dalam mengerjakan soal-soal, termasuk ketika menghadapi soal SBMPTN soshum. Tentu jangan lupa juga untuk perbanyak doa. Sudah banyak kok kisah sukses anak IPA yang sukses menaklukkan soal SBMPTN soshum.

Untuk kamu yang mungkin merasa kesulitan dalam belajar, mungkin menggunakan jasa bimbel online bisa kamu pertimbangkan. Layanan ruang belajar yang diluncurkan ruang guru bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Aku juga dulu pakai layanan ini, dan sangat terbantu dengan beberapa video pembelajarannya.

Jujur aku lebih senang belajar dari video daripada harus membaca banyak tulisan. Selain itu, ruang guru juga banyak menyediakan latihan soal dari setiap materi, jadi setelah paham konsep, langsung latihan soal. Mulai dari sekarang, persiapkan diri kamu sebaik mungkin, insyaallah semua akan indah pada waktunya. Selamat belajar!