Vaksin Campak di SehatQ.com

  • Whatsapp
Vaksin Campak

Campak merupakan sebuah virus yang sangat membahayakan manusia serta dapat menyebabkan komplikasi pada bayi dan anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus….. yang menyebar di udara. Virus campak yang menyebar di udara ini berasal dari pasien terjangkit ¬†yang mengeluarkan percikan air liur yang secara tidak sengaja keluar saat batuk atau bersin. Disamping itu virus campak ini juga berpotensi menyebar melalui medium benda-benda yang pernah disentuh penderita Campak. Benda ini secara tidak langsung memiliki potensi bahaya dan resiko menyebarkan virus pada orang-orang dalam keadaan sehat ketika menyentuhnya.

Untuk mendeteksi penyakit Campak terdapat beberapa tanda yang dapat kita identifikasi. Penyakit Campak ini ketika menyerang pasien pada awalnya akan menimbulkan berbagai gejala awal seperti demam, batuk, dan pilek. Setelah mengalami fase gejala awal ini pada mulut pasien tadi akan muncul semacam bercak-bercak putih. Kemudian diikuti dengan timbulnya ruam kemerahan pada wajah. Apabila tidak segera ditangani ruam ini dapat membahayakan dan menyebar keseluruhan tubuh dari pasien penderita tadi. Selain itu penderita juga berpotensi mengalami gejala yang serius apabila telah terjadi komplikasi. Komplikasi Campak ini dapat menyebabkan paru-paru basah, radang telinga, infeksi otak bahkan dapat menimbulkan keguguran atau bayi prematur apabila infeksi Campak tadi terjadi pada ibu hamil.

Untuk menegah bahaya infeksi campak ini seseorang dianjurkan untuk melakukan imunisasi campak. Di Indonesia sendiri pada tahun 2017 tercatat kurang lebih 1500 kasus Campak dalam kurun waktu yang cukup singkat yakni 7 bulan (data diambil dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia). Banyaknya kasus Campak ini kemudian menuntut pemerintah Indonesia untuk melakukan imunisasi Campak masal. Terkait dengan vaksinasi Campak, pemerintah Indonesia sendiri sudah menjadikannya sebagai salah satu vaksin yang wajib diberikan pada anak-anak. Meskipun demikian orang dewasa juga masih berkesempatan untuk divaksinasi juga. Langkah yang diambil ini terbilang sukses karena semenjak diberlakukannya imunisasi masal virus Campak, data jumlah kasus pasien terjangkit virus Campak hingga saat ini menunjukkan penurunan.

Vaksin Campak yang diberikan pada anak-anak ini sebenarnya berguna untuk meningkatkan daya tubuh mereka agar lebih kebal ketika dihadapkan dengan virus Campak. Pemerintah Indonesia lebih memprioritaskan vaksinasi virus Campak terhadap anak-anak karena kebanyakan kasus terbesar virus ini memang terjadi terjadi pada anak-anak. Dengan dilaksanakanya vaksin Campak pada anak-anak ini diharapkan rantai penularan penyakit Campak pada anak dapat terputus.

Pemberian vaksin Campak pada anak-anak ini kemudian diikuti dengan vaksin rubella (vaksin MMR) dan gandongan. Terkait dengan waktu pelaksanaannya, vaksin Campak pada anak-anak disarankan untuk diberikan ketika anak sudah menginjak usia 9 bulan. Untuk menggapai hasil yang maksimal vaksin ini bisa dilakukan lagi ketika anak sudah berusia 18 bulan dan ketika memasuki usia 7 tahun. Kemudian pada orang dewasa vaksin Campak ini dapat diberikan kapan saja. Namun pada orang dewasa ini pemberian vaksin MR harus berjaarak 4 minggu dan dilakukan sebanyak 2 kali. Hal yang patut kita garis bawahi adalah, ketika kita melakukan vaksinasi Campak bukan berarti kita akan kebal penyakit Campak secara penuh. Resiko untuk tertular virus Campak ini masih ada, tetapi dengan potensi yang sangat kecil. Untuk dapat mendapatkan Promo Kesehatan vaksin Campak kalian dapat mengunjungi sehatq.com dengan harga Rp 325.000 yang berlaku hingga 31 maret 2021. Untuk tempatnya sendiri terletak di jalan Bintaro Utama sektor 9 No. 52 B, Kelurahan Pondok Pucung, Kec Pondok Aren, Jakarta Selatan.

Related posts