Iya, tau.. Lebaran masih lama, iyaaaa… tapi harus siap-siap dari sekarang, lho, guys. Waktu itu cepat berlalu, makanya pergunakan sebaik mungkin. Bagi yang mau pulang kampung ke Jogja pas Lebaran, sebagian dari kalian pasti ada yang menginap di hotel karena rumah yang sumpek dan penuh dengan sanak saudara, ya namanya juga Lebaran, pasti ramai, lah. Bagi kalian yang bobo di hotel, pasti kalian lebih memilih untuk menghabiskan waktu di kamar hotel di Jogja saat libur Lebaran, ya? Duh! Sayang banget! Jogja itu indah, coy! Terkenal akan tradisi budayanya, masyarakatnya yang ramah, wisata alamnya yang cucok binggo. Masih mau berdiam diri di kamar?

Sebut saja Malioboro, Taman Sari, Prambanan, Borobudur, dan Keraton Jogja adalah beberapa dari sekian banyaknya wisata mainstream di Jogja. Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu aja? Nih, kabarnya sejumlah lokasi wisata diprediksi akan hits banget di tahun 2018 ini. Kalian harus ke sini, keburu ramai, lho. Lumayan, kan bisa foto-foto ala traveller yang suka mejeng di Instagram, tuh. Ini beberapa destinasi kekinian yang bisa jadi referensi kalian, daripada diam di kamar hotel di Jogja saat libur Lebaran, lebih baik kita berpetualang!

Batu Miring

Curug Luweng Sampang

Pemandangan matahai terbit dan terbenam di Batu Miring ini cantik banget! Makanya keluar dari kamar hotel di Jogja saat libur Lebaran biar bisa menikmati senja cantik ini. Bisa dibilang senja di Batu Miring ini paling indah se-Jogja. Bukan hanya wisatawan lokal yang takjub dengan pemandangannya, wisatawan asing juga banyak yang tersihir dengan kecantikan lukisan alam yang ditawarkan Batu Miring. Terletak di kawasan Gunung Kukusan, di Dusun Wonokerto, di Desa Ngargoretno, Kulonprogo dan berjarak sekitar 28 kilometer dari kota Jogja. Transportasi ke sini masih agak susah, jadi disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil dan motor, nyewa helikopter juga boleh…

Kalian bisa berjalan kaki sejauh 200 meter dari tempat parkir untuk mencapai ke Gunung Kukusan. Terdapat dua jalur yang bisa kalian tempuh, jalan kebenaran atau jalan kebajikan, hehehe, garing… Ada dua jalur untuk mencapai puncak yang berbeda, jalur kiri mengarah ke Puncak Dempok dan jalur kanan mengarah ke Puncak Kendeng yang merupakan puncak tertinggi. Dari dua puncak ini kalian bisa menikmati senja yang berbeda sembari mendengar sayup-sayup nyanyian burung yang merdu. Jangan lupa bawa baju hangat, ya, soalnya semakin malam akan semakin dingin. Di sini juga tersedia penginapan, lho, jadi kalian gak perlu buru-buru kembali ke hotel di Jogja saat libur Lebaran.

Puncak Becici

Puncak Becici

Lokasinya tetanggaan dengan Hutan Pinus Mangunan, pemandangannya juga gak kalah indah, bahkan romantis. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu siap sedia untuk menjadi latar belakang foto kalian. Pepohonan hijau, udara yang sejuk, seger banget, deh! Yuk, ke sini dari hotel di Jogja saat libur Lebaran. Ciri khas di Puncak Becici adalah Gardu Panjang yang menyerupai rumah pohon terbuka yang dibangun oleh warga setempat. Hembusan anginnya berasa banget kalau naik ke gardu ini, hati-hati masuk angin, ya.

Beralamatkan di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, dan masih termasuk dalam kawasan Hutan Lindung RPH Mangunan. Untuk sampai ke puncak, kalian hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 15 menit di jalur setapak yang ada. Lelah? Letih? Lesu? Tenang, kawasan ini dilengkapi gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang

Kembarannya Antelope Canyon di Amerika, nih. Keluar dari hotel di Jogja saat libur Lebaran dan meluncur ke Gunung Kidul. Dinamakan Luweng Sampang karena Luweng dalam bahasa Jawa artinya lubang dan Sampang berasal dari nama desanya yaitu Desa Sampang. Curug Luweng Sampang dihiasi dengan batuan-batuan cadas berwarna putih dan airnya yang bewarna biru. Batuan cadas ini terkena erosi air sehingga terkikis secara alami dan membentuk garis-garis yang unik dan menjadi daya tarik utama dari Curug Luweng Sampang. Kalian bisa berenang dan menyelam menyusuri berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi di balik dinding bebatuannya, lho! Pengin banget ke sini? Curug ini berlokasi di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Tuh lengkap banget, kan, selamat bermain air, ya!

Banyak, kan wisata alam anti mainstream di Jogja? Kalian bisa mengajak keluarga berangkat dari hotel di Jogja saat libur Lebaran lalu menuju ke tempat-tempat kece di atas. Pesan kamar hotel via Mister Aladin dan gunakan promonya biar kantong gak jebol! Yuk, rencanakan liburan kalian bersama Mister Aladin, teman travel terbaikmu.